PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA

Zulaikha Ummul Arafah , Supahar

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving pada materi gerak parabola yang layak untuk pembelajaran fisika guna meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik SMA/MA (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media video interaktif berbasis problem solving dengan PPT dan ceramah dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola untuk jenjang SMA/MA dan (3) mengetahui keefektivitasan pembelajaran menggunakan media video interaktif berbasis problem solving guna meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi gerak parabola untuk jenjang SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA di MAN 3 Sleman tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengambilan data yang digunakan berupa angket minat sebelum-sesudah dan soal pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji gain dan uji GLM-MANOVA. Telah dihasilkan produk media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving yang layak digunakan. Media pembelajaran video interaktif berbasis problem solving lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar dibandingkan PPT dan ceramah berdasarkan nilai signifikansi dan Mean Difference pada uji MANOVA. Kata kunci: Video interaktif, problem solving, minat belajar, hasil belajar, gerak parabola Abstract The research is aimed to (1) develop a problem-solving based interactive video learning media on parabolic motion topic appropriate for Physics subject in order to increase the interest and learning outcomes of senior high students (2) find out whether there are differences in the interest and learning outcomes between students who use problem-solving based interactive video media with learners who use PPT and lectures in physics learning, and (3) find out the effectiveness of learning using problem-solving based interactive video media to increase the senior high students’ interest and learning outcomes. This study belongs to the Research and Development with ADDIE design. The population of this study are students of class X IPA in MAN 3 Sleman in the academic year of 2017/2018. The instruments used to collect the data are before and after questionnaires of interest as well as pretest and posttest to find out the improvement of students’ interests and learning outcomes. The Gain test and GLM-MANOVA test is used to analyze the data. Keywords: interactive video, problem solving, learning interest, learning outcome, parabolic motion

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.