KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DITINJAU DARI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Latif Jauhari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional materi momentum dan impuls,dan (2) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengancontrol group pre-test-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Tempel tahun pelajaran 2017/2018. Materi fisika yang diajarkan yaitu momentum dan impuls. Instrumen pengumpulan data yaitu soal tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifdan nilai standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi momentum dan impuls di SMAN 1 Tempel, dan (2) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share sebesar 0,53 (sedang). Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, keterampilan berpikir kritis, momentum dan impuls. Abstract This research aims to determine (1) the differences of critical thinking skills between students which follows the physics instruction using cooperative learning type think-pair-share model and the conventional learning model, (2)the improvement ofcritical thinking skills of high school students which follows the physics learning using cooperative learning type think-pair-share model. This research is an experimental research with the control group pretest-posttest design. The population of this research are first grade students of SMA N 1 Tempel in academic year 2017/2018. The matter physics that taught is impulse and momentum. The instrument of data collection aretest of critical thinking skills, observation sheet of RPP implementation, and validation sheet. Data analysis using normalized gain score and descriptive analysis. The finding of the research shows that: (1) there were differences of critical thinking skills between students which follows the physics instruction using cooperativelearning type think-pair-share model and the conventional learning model, and (2) improvement of critical thinking skills of high school students which follows the physics instruction using cooperative learning type think-pair-share model equal to 0,529 with medium category. Keywords: Cooperative learningtype think-pair-share, critical thinking skills,impuls and momentum

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. American Education Research Association (Devinition D). USA: Indian University. Diakses dari rrhake@earthlink.net tanggal 7 Febuari 2018.

Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Lina Surraya, I Wayan Subagia, dan I Nyoman Tika. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal. PPS Universitas Pendidikan Ganesha.

Lukman & Ishartiwi (2004). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nitko, A. J. & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of student (6th ed.). Boston: Pearson Education.

Pee, B., et al. (2002). Appraising and Assesing Reflection in Student;s Writing on a Structured Worksheet. Journal of Medical Education. 575-585.

Rina, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Model Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Jurdik Fisika FMPA UNY.

Sekaran, U. & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach (7th ed.). UK: John Wiley & Sons




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v10i2.11426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.