PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS THINKING ACTIVELY IN SOCIAL CONTEXT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Tomi Rahmad Khamdani , Sukardiyono

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang layak untuk pembelajaran gerak melingkar berbasis Thinking Actively in Social Context. (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Thinking Actively in Social Context. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik, setelah menggunakan model pembelajaran Thinking Actively in Social Context. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan design penelitian Four D Model.teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest untuk memperoleh data awal hasil belajar dan pengisian angket motivasi belajar untuk memperoleh data motivasi awal peserta didik, kemudian melakukan pembelajaran .Selesai pembelajaran,peserta mendapat posttest untuk memperoleh data akhir hasil belajar dan diberi angket motivasi belajar untuk memperoleh data motivasi belajar peserta didik setelah pembelajaran. Uji Validitas dan Kualitas perangkat pembelajaran dilakukan dengan Aiken V’ dan Sbi,. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah Standard Gain.Hasil penelitian ini meneunjukan bahwa: (1) Telah dihasilkan sebuah Perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk gerak melingkar dengan kualitas RPP sangat baik, silabus sangat baik dan LKPD sangat baik. (2) Terdapat peningkatan dalam motivasi belajar fisika setelah peserta didik mengikuti pembelajaran dengan model Thingking Actively in Social Context, dengan masing-masing kualitas peningkatan untuk motivasi belajar terdapat peningkatan sebesar 0,024 dengan kualitas sangat rendah (3) Hasil belajar menunjukan kualitas peningkatan sebesar 0,349 dengan kualitas rendah. Kata-kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Thingking Actively in Social Context, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar DEVELOPMENT OF LEARNING DEVICE BASE OF THINKING ACTIVELY IN SOCIAL CONTEXT TO IMPROVE THE MOTIVATION AND LEARNING PRODUCT OF STUDENT Tomi Rahmad Khamdani1, Sukardiyono2 1) Student of Physics Department of FMIPA UNY 2) Lecturer of Physics Department of FMIPA UNY (Tomirahmad79@gmail.com, Sukardiyono@uny.ac.id) ABSTRACT This study aimed (1) to produce a learning device on circular motion based on Thinking Actively in Social Context (TASC) (2) to know the immprovement of student motivationafter use the TASC (3) . to know the improvement of learning product after use the TASC. The Type of this study is Development Research (R&D) with 4-D Model. The data colletion technique by giving pretest to obtain the early learning product data, and then filling the answer of motivation questionaire. The following is learning. After finished learning , the student get a postest to obtain the final data of learning product and get motivation questionaire to obtain the final data ot motivation. The validity and quaity of learning product Aiken V and Sbi. And Gain Standart. The result of the study is (1) the learning device is suitable to learning the circular motion with the grade quality of RPP “ Very Good” , the grade quality of silabus “very Good” and LKPD Very Good (2) there are any improvement in motivation after use TASC as big as 0,024 (3) there are Any improvement in learning product as big as 0,024 Keywords : learning device, thinking actively in social context,learning motivation and Learning Product

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.