THE DEVELOPMENT OF CONTEXTUAL LEARNING HANDOUT MATERIAL PHYSICS CIRCULAR MOTION TO INCREASE THE MOTIVATION OF LEARNING AND COGNITIVE LEARNINGOUTCOMES STUDENTS CLASS X HIGH SCHOOL

Shinta Hanifati , Suyoso

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menghasilkan handout kontekstual yang layak digunakan pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar untukmeningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA; (2) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar, dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Tahap definemerupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk mengembangkan rancangan awal (draft) handout kontekstual dan instrumen penelitian. Tahap developmentmenghasilkan handout kontekstual yang layak digunakan. Tahap disseminatemerupakan tahap penyebarluasan media dengan memberikan handout kepada guru fisika di SMA N 3 Bantul dan publikasi melalui website. Kelayakan handout kontekstual didasarkan pada penilaian validasi menggunakan Sbi dan hasil analisis angket respon peserta didik. Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dianalisis berdasarkan nilai Standard Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA; (2) peningkatan motivasi belajar sebesar 0,009 dengan kategori rendah; dan (3) peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 0,14 dengan kategori rendah. Kata-kata kunci:handout, kontekstual, motivasi belajar, hasil belajar kognitif Abstract This research aims to: (1) generate a proper contextual use handouts, (2) know the great increase of the motivation of the learners learn after using contextual, and handouts (3) knowing the great increase in cognitive learning results the students after using contextual handouts. This type of research is research development (R&D) with the model 4D that consists of a define (definition), design (design), development (development), and disseminate (dissemination). The stage of the initial phase is to define to define the problem. The stage of design phase is to develop an initial draft (draft) handouts and contextual research instrument. Stage of development produces used contextual handouts. Disseminate stage is the stage of dissemination media by providing handouts to the teacher of physics in senior high school 3 of Bantul and the publication through the website. Eligibility is based on contextual assessment handout validation using the Sbi and the results of the analysis of question form response learners. Increased motivation to learn and the results of the study analyzed value-based learners Gain Standard. The results showed that: (1) has been generated contextual learning handout material physics circular motion a decent used to increase motivation of learning and cognitive learning outcomes students class X SMA; (2) increasing the motivation of learning of 0.009 with low category; and (3) enhancement of cognitive learning results of 0.14 with a low category. Keywords: handouts, contextual learning, motivation, cognitive learning results

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.