PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X

Chlarissa Early Arumy , Rahayu D.S.R

Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) menghasilkan produk pocket book materi momentum dan impuls yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan pocket book, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik setelah menggunakan pocket book. Penelitian ini menggunakan 4D model dengan tahapan Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develop),dan tahap Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 semester genap SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017,dengan jumlah masing- masing 34 anak dan 36 anak. Penelitian ini menghasilkan pocket book materi momentum dan impuls. Tingkat kelayakan pocket book diperoleh dari skor penilaian oleh validator ahli dan validator praktisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket minat dan lembar pretest- postest. Teknik analisa data peningkatan minat belajar peserta didik dilihat dari angket minat sebelum dan angket minat setelah menggunakan pocket book, sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai Standard Gain lembar pretest-posttest. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan pocket bookuntuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli dan validator praktisi dengan kategori baik, (2) peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan pocket book dengan kategori sedang, (3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan pocket book dengan kategori sedang. Kata-kata kunci:, pocket book , hasil belajar kognitif, minat belajar , momentum dan impuls Abstract This research was aimed to: (1) produce a proper Pocket Book material of momentum and impulse that deserve to increase interest learning outcomes on cognitive aspect (2) know the improvement in learning interest after using pocket bookand (3) know the improvement of learning outcomes in cognitive aspect after using pocket book. This research using 4D model with Define phase, Design phase, Development phase, and Disseminate phase. The subjects of this study were the students of class X MIPA 3 and X MIPA 4 of SMA Negeri 10 Yogyakarta in the academic year 2016/2017, with the amount of students are 34 students and 36 students. This study produces pocket book material of momentum and impulse. The pocket book eligibility rate is derived from the rating scores by expert validators and practitioner validators. Data collection techniques were conducted with a questionnaire of interest and a pretest-postest sheet. Data analysis techniques increase interest in learners seen the interest questionnaire before using interest questionnaires after using the pocket book, while improving learners learn results seen from the value of Standard Gain sheet pretest-posttest.The result of this research showed that: (1) has been produced pocket book to increase activity and learning result of student of class X, evaluated from feasibility assessment by expert validator and validator of practitioner with good category, (2) the improvemet of interest after using pocket book with medium category, (3) the improvement of learning outcomes in cognitive aspect after using pocket book with medium category. Keyword : pocket book, cognitive learning outcomes, interest in learning, momentum and impulses

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.