PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Dhimas Gayuh Ar Razaaq , Supahar

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media audio visual fisika berbasis video yang layak untuk pembelajaran fisika pada pokok bahasan fluida dinamis, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan minat belajar dan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media audio visual dengan media handout dan PPT, dan (3) mengetahui keefektivitasan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik setelah mengikuti pembelajaran serta mengetahui keefektivitasan media audio visual dengan membandingkan media pembelajaran konvensional dalam hal peningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah minat belajar peserta didik berdasarkan angket minat belajar dan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik berdasarkan hasil pretest dan posttest. Kelayakan media audio visual dilihat dari skor hasil telaah menggunakan Standar Baku Ideal (SBi). Efektivitas media audio visual dilihat dari hasil analisis menggunakan Standard Gain dan Manova. Kata kunci: media audio visual, minat belajar, hasil belajar kognitif Abstract This study aimed: (1) to produce an audio visual media on fluid dynamic based on the video in physics learning, (2) to know the difference of an increase of learning interest and learning outcomes whose taught using audio visual media, handouts, and power point (PPT), and (3) to know the effectiveness of audio visual media after the learning process, and then compairing these results with the conventional learning media in improving the learning interest and cognitive learning outcomes. The type of this study was development research (R & D) with 4-D model. The data obtained in this research are student interest based on learning interest questionnaire and study result of student’s physics cognitive aspect based on pretest and posttest. The Propernes of audio visual media seen from the SBi score analysis result. The effectiveness of audio visual media seen from the Standard Gain and MANOVA. Keywords: audio media visual, learning interest, cognitive learning outcomes.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.