PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK

Dyah Putri Hutami , Yusman Wiyatmo

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning yang layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan kerja sama peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis guided discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan model 4D yang terdiri dari tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan produk), (3) develop (penilain produk, uji coba produk, dan revisi produk), dan (4) dessiminate (penyebarluasan produk akhir). Produk yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, tes pemahaman konsep, dan lembar observasi kemampuan kerja sama. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Srandakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik, (2) peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis guided discovery learning adalah sedang (〈g〉=0,6), serta peningkatan kemampuan kerja sama adalah tinggi (〈g〉=0,9). Kata kunci: perangkat pembelajaran fisika, guided discovery learning, pemahaman konsep, kemampuan kerja sama Abstract This research aimed to: (1) producephysics learning material based on guided discovery learning which is reasonable for learning process and (2) determine the improvement of student’s concept understanding and determine student’s cooperation skill who studied usingphysicslearning material based on guided discovery learning. This research uses R & D methodes with 4D models that consist of (1) define (learning need analysis), (2) design (designing the product), (3) develop (product appraisal, product field testing, and product revising), dan (4) dessiminate (dessiminating the final product). Product field testing was done on SMA Negeri 1 Srandakan with XI IPA students as the research subject. The result of this research show that: (1) the physics learning material is reasonable in very good category, (2) the improvement of student’s concept understandingin medium category (〈g〉=0,6), and the improvement of student’s cooperation skill in high category (〈g〉=0,9). Keywords: physics learning material, guided discovery learning,concept understanding, cooperation skill

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.