EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA

Monica Yasya Alifia , Yusman Wiyatmo

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan sikap kreatif antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif dengan pendekatan konvensional, (2) pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan metakognitif dan konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika materi gerak harmonik sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan tidak terdapat perbedaan peningkatan sikap kreatif antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional. (2) Pendekatan konvensional lebih efektif dari pendekatan metakognitif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude peserta didik. Pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional sama pengaruhnya dalam meningkatkan sikap kreatif peserta didik. Kata Kunci: pendekatan metakognitif, pendekatan konvensional, kemampuan berpikir kreatif, sikap kreatif, gerak harmonik sederhana. Abstract The purpose of this research is to identify: (1) the improvement differences of creative thinking skills in aptitude trait and creative attitude between students who get learning using metacognitive approach and conventional approach, (2) a more effective approach between metacognitive and conventional approach in improving students’ aptitude trait and creative attitude of creative thinking skills in learning physics of simple harmonic motion course. This research is an experimental research (quasi experiment) with pretest-posttest control group design. The results are: (1) There is an improvement differences of aptitude trait and there is no difference in improvement of creative attitude between students who get learning using metacognitive and conventional approach. (2) Conventional approach is more effective than metacognitive approach in improving aptitude trait of students’ creative thinking skills. Metacognitive and conventional approach is equally influential in improving students creative attitudes. Keywords: metacognitive approach, conventional approach, creative thinking skills, creative attitude, simple harmonic motion.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.