PENGGUNAAN KALIMAT TANYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP N 8 YOGYAKARTA

Iryaprima Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan  jenis kalimat
tanya  dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP N 8 Yogyakarta.
Pendeskripsian penggunaan kalimat tanya ini didasarkan pada  menurut
Taksonomi Bloom dan penanda setiap  jenis kalimat tanya yang digunakan oleh guru dalam kegiatan awal, tengah, dan akhir pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah
guru bahasa Indoensia yang berjumlah satu orang. Objek yang diteliti yaitu penggunaan kalimat tanya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil observasi berisi tentang deskripsi hasil pengamatan penggunaan kalimat tanya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Data tersebut berupa jenis kalimat tanya yang digunakan oleh guru  dalam kegiatan awal, tengah, dan akhir pembelajaran Bahsa Indoneisa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tiga alur yang bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan  dengan ketekunan
pengamatan dan triangulasi teknik pengumpulan data.  
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia guru telah menggunakan jenis
pertanyaan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif berupa pertanyaan tingkatan lebih rendah (pertanyaan  pengetahuan, pertanyaan pemahaman, pertanyaan penerapan) dan pertanyaan tingkatan lebih tinggi (pertanyaan analisis, pertanyaan sintesis, pertanyaan evaluasi). Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Guru menggunakan jenis kalimat tanya yang berbeda-beda pada awal pembelajaran, tengah dan akhir.
 
Kata kunci: kalimat tanya, pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching:

disertai dengan pedoman

pengalaman lapangan. Jakarta:

Rajawali Press.

Beni. 2008. “Keterampilan Bertanya

Dasar dan Lanjut”.

http://keterampilanbertanyadas

ardanlanjut%beniweblog_files/

jquery.js . Diunduh 15 Januari

Depdikbud. 1998. Kalimat Tanya

dalam Bahasa Jawa. DIY.

Proyek Pembinaan Bahasa dan

Sastra Indonesia dan Daerah.

Departemen Pendidikan Nasional.

Tata Bahasa Deskriptif.

Jakarta: DEPDIKNAS.

Fokker, A.A. 1979. Sintaksis

Indonesia. Terjemahan

Djonhar. Jakarta: Pradnya

Paramita.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya Offset.

Orlich, Donal C., dkk. 2010.

TEACHING STRATEGIES: A

Guide to Effective Instruction.

Edisi Sembilan. United States

Of Amerika: Wadsworth

Cengange Learning.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Wartono. 2003. Keterampilan Dasar

Mengajar. Malang: Universitas

Kanjuruhan Malang.

Zuchdi, Darmiyati. 1994. Metode

Penelitian Kualitatif. Makalah.

Yogyakarta: Universitas Neger

Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.