PERSEPSI GURU TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERSASTRA KAITANNYA DENGAN APRESIASI SASTRA SISWA DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN

Anindya Septiana Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan persepsi guru terhadap
media pembelajaran kaitannya dengan apresiasi sastra siswa di SMPN 2
Ngemplak Sleman, faktor pendukung serta faktor penghambat dari guru dan siswa dalam pembelajaran sastra di sekolah, fasilitas dari sekolah berkenaan dengan kegiatan bersastra siswa, bagaimana siswa dan guru berpendapat mengenai media pembelajaran sastra.
Penelitian berjenis  deskriptif kualitatif, dengan menggunakan  guru
bahasa Indonesia  dan siswa subjek penelitian. Data diperoleh melalui  
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dengan  ketekunan pengamatan  dan triangulasi. Data  hasil observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi, dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kualitatif  kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran bersastra di SMPN 2 Ngemplak Sleman digunakan sesuai dengan materi, SK, dan KD.
Guru menggunakan media pembelajaran bersastra dengan baik sehingga
siswa semakin mudah memahami materi, (2) Apresiasi sastra di SMPN 2
Ngemplak Sleman dilaksanakan di dalam dan luar kelas yang terwujud dalam materi, evaluasi, perlombaan, atau buletin sekolah, (3) Faktor penghambat utama siswa dalam pembelajaran sastra  adalah dari aspek keterampilan berbicara yang masih kurang dan belum lengkapnya jenis buku sastra seperti kumpulan cerpen atau antologi puisi di perpustakaan. Faktor pendukung utama dalam pembelajaran sastra adalah siswa yang menyukai sastra dan guru yang selalu memberikan motivasi saat pembelajaran.
 
Kata kunci: media pembelajaran, apresiasi sastra, persepsi

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2009. Pengantar

Apresiasi Karya Sastra.

Bandung: Penerbit Sinar Baru

Algensindo.

Arsyad, Azhar. 2004. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada.

Isnawati Nur’aini, Khalimah. 2014.

Pelaksanaan Pembelajaran

Sastra pada Kelas VII

Semester II di SMP Negeri 1

Nanggulan Kulonprogo.

Skripsi: Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia FBS

UNY.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan

Karakter Berbasis Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widowati, Dyah Ayu. 2014.

Problematika Pembelajaran

Bersastra di SMA Negeri 3

Bantul. Skripsi: Pendidikan

Bahasa dan Sastra

Indonesia, FBS UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.