PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN STRATEGI COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Dinar Uji Setyaningrum

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks berita menggunakan strategi Collaborative Writting pada siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6 Yogyakarta.  
Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatan lapangan, hasil wawancara, hasil tes menulis teks berita, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Data primer yang digunakan adalah proses pembelajaran menulis teks berita siswa Kelas VIII C, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah nilai teks berita siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6 yogyakarta. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran dan perilaku siswa  selama pembelajaaran yang lebih baik.
Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Collaborative Writting dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Yogyakarta. Peningkatan tampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangat dalam pembelajaran. Suasana yang kondusif dan
terbangunnya bentuk kerjasama yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran juga terlihat sebagai bentuk peningkatan proses. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitu dari tahap pratindakan dengan rata-rata sebesar 65,40, siklus I sebesar 81,71, dan siklus II sebesar 84,06. Dari hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa strategi  Collaborative Writting  merupakan salah satu strategi yang mampu meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa.
 
Kata kunci: menulis, kemampuan menulis teks berita, Collaborative Writing

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Barkley, Elizabert E, K. Patricia, dan

Clair. 2012. Collaborative

Learning Techniques. Bandung:

Penerbit Nusa Media.

Burden, Paul R dan David M. Byrd.

Methods for Effective

Teaching (Sixth Edition).

Malaysia: Pearson Education.

Enre, Fachruddin Ambo. 1988.

Dasar-Dasar Keterampilan

Menulis. Jakarta: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi Pengembangan Lembaga

Pendidikan Kependidikan.

Gould, Eric, Robbert Diyanni,

William Smith. 1989. The Act of

Writing. Singapura: Library of

Congress Cataloging in

Publication Data.

Hariningsih, Bambang, dan Septi.

Membuka Jendela Ilmu

Pengetahuan Bahasa dan Sastra

Indonesia SMP/MTs. Jakarta:

Pusat Perbukuan Departemen

Pendidikan Nasional.

Olson, Miles C., Daniel R. Kirby,

Gale Dugas Hulme. 1982. The

Writing Process. USA: Library

of Congress Catalog Card.

Pardiyono. 2007. Pasti Bisa!

Teaching Genre-Based Writing.

Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.