PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN STRATEGI BRAINWRITING PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN

Intan Rizkiana Budiargo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan penerapan strategi  brainwriting  pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  subjek
penelitian siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman yang terdiri atas 32 siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen sebagai desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, analisis dokumen, wawancara, angket, dan tes.Analisis data dilakukan secara kualitatif yang dibantu dengan data
kuantitatif. Kriteria validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas proses, hasil, demokratis, dan dialog. Reliabilitas diwujudkan dengan penyajian data asli penelitian yang meliputi transkrip wawancara, catatan lapangan, angket, foto, dan dokumentasi tugas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terjadi peningkatan
pelaksanaan pembelajaran pada beberapa aspek, misalnya pada aspek pelaksanaan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, keaktifan siswa, dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan proses pembelajaran tersebut diukur dari keantusiasan siswa, keberanian siswa dalam bertanya, dan perhatian siswa selama pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai
menulis puisi siswa. Pada Siklus I nilai rata-rata menulis siswa 72,49 dan pada Siklus II meningkat sebesar 12,06% menjadi 84,55. Dengan demikian, penerapan strategi brainwriting  dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman.
 
Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, strategi brainwriting.

Full Text:

PDF

References


Andrina, Mellina Yovi. 2011.

“Peningkatan Kemampuan

menulis puisi dengan Media

Kartu Mimpi Bergambar pada

Siswa Kelas VIII SMP N 8

Magelang”. Skripsi S1.

Yogyakarta: Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia,

FBS UNY.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian

Pendidikan (Metode dan

Paradigma Baru). Bandung:

Remaja Rosdakarya.

____________. 2009. Evaluasi

Pembelajaran. Bandung: PT

Remajna Rosdakarya.

Baxter, Mike. 2001. Product Design:

Practical Methods For The

SystematicDevelopment of

New Products. United

Kingdom: Nelson Thornes

Ltd.

Brokop, Flo and Bill Persall. 2009.

Writing Strategies for

Learners who are Deaf.

Edmonton: NorQuest

College.

Depdiknas.2005. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta:

Balai Pustaka.

Endaswara, Suwardi. 2003. Metode

dan Teori Pengajaran Sastra.

Yogyakarta: Buana Pustaka.

Har, Aveus. 2011. Yuk, Menulis!

Diary, Puisi, & Cerita

Fiksi.Yogyakarta: G-media.

Jabrohim, Chairul Anwar, dan

Suminto A Sayuti. 2001.

Cara Menulis Kreatif.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamaluddin.2003. Problematik

Pembelajaran Bahasa dan

Sastra.Yogyakarta: Adicita

Karya Nusa.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008.

Evaluasi Pembelajaran.

Yogyakarta: Multi Pressindo.

Keraf, Gorys. 2008. Diksi dan Gaya

Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Kunandar.2011. Langkah Mudah

Penelitian Tindakan Kelas

Sebagai Pengembangan

Profesi Guru. Jakarta:

Rajawali Pers.

Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012.

Penulisan Sastra Kreatif.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Michalko, Michael. 2004.

Permainan Berpikir

(Thinkertoys). Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E..2007. Menjadi Guru

Profesional Menciptakan

Pembelajaran Kreatifdan

Menyenangkan. Bandung: PT

Rosda Karya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010.

Penilaian Pembelajaran

Bahasa Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE.

__________________. 2005. Teori

Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta: Gajah Mada

University Press.

__________________. 2001.

Penilaian dalam

Pembelajaran Bahasa dan

Sastra. Yogyakarta:

BPFE.

Nurmayani, Revi. 2015.

“Keefektifan Strategi

Brainwriting dalam

PembelajaranMenulis Cerpen

pada Siswa Kelas X SMA N

Ngaglik”.Skripsi S1.

Yogyakarta: Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia,

FBS UNY.

Oviansha, Mailida. 2015. “Teaching

Writing by Combining Brain

Writing Strategy And Quick

Write Strategy for Senior

High School Students”.

Gramatika.Diunduh di

http://www.jurnal.stkip-

pgrisumbar.ac.id/pada tanggal

November 2015.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2007.

Pengkajian Puisi.Yogyakarta:

Gadjah Mada University

Press.

. 2009.

Pengkajian Puisi (Analisis

Strata Norma dan Analisis

Struktural dan semiotik.

Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Pranuju, Redi. 2008. Menulislah

dengan Marah! Kita Sukses

Menulis di Media

Massa.Bandung: Nusa

Media.

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif:

Dasar-dasar dan Petunjuk

Penerapannya. Malang: YA3

Malang.

Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan

dengan Puisi. Situmorang,

B.P. 1983. Teori, Apresiasi,

Bentuk, dan Struktur. Ende,

Flores: Nusa Indah.

Sejnost, Roberta L .2009. Tools for

Teaching in the Block.New

York: Corwin.

Semi, M. A. 2007.Dasar-dasar

Keterampilan Menulis.

Bandung: Angkasa.

Suardjono. 2009. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Waluyo, Herman J. 2003. Apresiasi

Puisi: Panduan untuk Pelajar

dan Mahasiswa. Jakarta:

Pustaka Utama.

Wijaya Kusumah dan Dedi

Dwitagama. 2010. Mengenal

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Indeks.

Wilson, Chauncey. 2013.

Brainstorming and Beyond: A

User-centered

DesignMethod. United

Kingdom: MK Morgan

Kaufmann.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007.

Metode Penelitian Tindakan

Kelas. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta: Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.