KORELASI ANTARA KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI

Ulfah Rumana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya korelasi antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian  ex-post facto  yang bersifat deskriptif
korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 219 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik  simple random sampling. Hasilnya ditetapkan  kelas VIII A, VIII B, dan VIII D sebagai sampel penelitian. Uji validitas dilakukan oleh  expert judgement  dan guru mata pelajaran. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program IBM SPSS 22.0, diperoleh nilai alpha sebesar 0,818 dan 0,613. Data dikumpulkan menggunakan angket berkaitan dengan kemampuan metakognisi dan tes terkait kemampuan membaca cepat. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa instrumen penelitian berdistribusi normal dan linear. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan metakognisi siswa
berkategori sedang, (2) kemampuan membaca cepat siswa berkategori sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan dan searah antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Hubungan tersebut ditunjukkan rhitung sebesar 0,640 lebih besar daripada rtabel dengan N = 93 sebesar 0,263 pada taraf signifikansi 1%.
 
Kata Kunci: Kemampuan metakognisi, membaca cepat

Full Text:

PDF

References


Tampubolon, D. P. 1990.

Kemampuan Membaca Teknik

Membaca Efektif dan Efisien.

Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Membaca Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi

Meningkatkan Kemampuan

Membaca Peningkatan

Komprehensi. Yogyakarta: UNY

Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.