PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBAC PEMAHAMAN BERDASARKAN METODE SURVEY, QUESTIONS, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) BAGI SISWA SMA KELAS XI SMA/MA

Ade Rakhma Novita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku
pembelajaran keterampilan membaca pemahaman berdasarkan metode SQ3R bagi siswa SMA kelas XI yang memenuhi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan.
Penelitian ini mengikuti desain pengembangan model Borg dan Gall yang
terdiri dari enam komponen, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji validitas produk, (5) uji coba produk, dan (6) revisi produk akhir. Uji coba produk dilakukan tiga kali, yakni (1) uji ahli, (2) uji praktisi (guru), (3) uji pengguna (siswa). Subjek uji coba meliputi tiga kelompok, yakni (1) kelompok ahli (ahli metodologi pembelajaran bahasa Indonesia), kelompok praktisi yakni guru, dan kelompok pengguna yakni siswa. Untuk mengetahui kelayakan produk akan dilakukan uji lapangan.
Instrumen penelitian yang dipakai untuk mengumpulkan data meliputi
wawancara dan angket, sedangkan analisis data yang digunakan mencakup analisis kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini telah berhasil mengembangkan buku pembelajaran membaca pemahaman berdasarkan metode SQ3R bagi siswa SMA kelas XI yang teruji secara teoretis  (berdasarkan teori)  maupun empirik  (berdasarkan pengalaman atau penelitian). Buku pembelajaran yang dimaksud terdiri dari tiga bagian, yakni (a) bagian pendahuluan, (b) bagian isi, dan (c) bagian tambahan.
Bagian pendahuluan terdiri dari sampul, kata pengantar, dan daftar isi. Bagian isi terdiri dari empat unit pelajaran, yang mencakup (1) Pelajaran 1 Membaca Teks Cerita Ulang, (2) Pelajaran 2 Membaca Teks Cerita Pendek, (3) Pelajaran 3 Membaca Teks Ulasan Film, dan (4) Pelajaran 4 Membaca Teks Eksplanasi Kompleks. Setiap unit pembelajaran dikembangkan dengan pola urutan judul unit pembelajaran, indikator, mengamati, mengajukan pertanyaan, membaca, menulis kembali, dan meninjau. Sementara itu, bagian tambahan model buku ajar yang
dikembangkan berupa Daftar Pustaka. Hasil uji ahli, uji praktisi (guru), dan uji pengguna (siswa)  menunjukkan bahwa model buku ajar yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori layak atau baik. Rata-rata keseluruhan yang diperoleh dari penilaian ahli adalah 2,8. Rata-rata keseluruhan yang diperoleh dari penilaian praktisi (guru) adalah 4,5. Rata-rata  keseluruhan yang diperoleh dari penilaian pengguna (siswa) adalah 4.
 
Kata kunci: pengembangan, buku, membaca, SQ3R.

Full Text:

PDF

References


Adler, Mortimer J. Dan Charles Van

Doren. 2007. How to Read a

Book. Jakarta: iPublishing.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Balitbang Kemdikbud. 2013.

“Buku Teks dan Nonteks

Pelajaran”. Diakses melalui

puskurbuk.net pada tanggal

September 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.