KARAKTERISTIK PUISI SISWA SMP NEGERI KELAS VIII DI KABUPATEN SLEMAN

ISNEIN NUROHMAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik puisi siswa
SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sleman berdasarkan struktur fisik dan
struktur batin.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian yakni puisi siswa SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sleman
sebanyak 60 puisi. Objek penelitian ini adalah struktur fisik (versifikasi, majas, dan pengimajian) dan struktur batin (tema, nada dan suasana, perasaan, dan amanat) pada puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah  human instrument. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan dengan teknik baca dan catat.
Keabsahan data diperoleh melalui reliabilitas intrarater dan interater.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur fisik dan struktur batin pada
puisi siswa cukup bervariasi. Berdasarkan struktur fisik puisi, versifikasi rima frekuensi kemunculan paling tinggi adalah ulangan bunyi asonani. Pada  aspek majas frekuensi kemunculan paling tinggi adalah simile. Pada pengimajian frekuensi kemunculan paling tinggi adalah imaji visual. Unsur selanjutnya yaitu struktur batin. Dari berbagai tema yang digunakan, frekuensi kemunculan tinggi adalah tema alam.  Aspek selanjutnya yaitu nada dan suasana, frekuensi kemunculan paling tinggi adalah nada dan suasana santai. Pada aspek perasaan frekuensi kemunculan paling tinggi adalah perasaan gembira.Terakhir  
penggunaan amanat, frekuensi kemunculan paling tinggi adalah amanat menjaga lingkungan alam.

Kata kunci: karakteristik, puisi, siswa SMP


Full Text:

PDF

References


A. Nur’aini, 2014. “Karakteristik

Puisi Karya Siswa Kelas

VIII Akselerasi SMPN 5

Malang”. NOSI Jurnal

Pendidikan Bahasa

Indonesia Program

Pascasarjana UNISMA.

Vol. 2, No. 1, hlm. 23.

Aminuddin. 2009. Pengantar

Apresiasi Karya Sastra.

Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Hasanah, Muakibatul. 2013.

“Karakteristik Struktural-

Semiotik Puisi-Puisi Karya

D. Zawawi Imron”. Litera,

Vol. 12, No. 2, hlm. 269-

Istimurti, Meti. 2009. “Pembelajaran

Menulis Kreatif Puisi

dengan Model Cooperative

Learning Tipe Jigsaw”.

Jurnal Pendidikan Bahasa,

Sastra, dan Pengajarannya,

Vol. 9, No. 1, hlm. 80-95.

Laeli, Anisa Nur, dkk. 2013.

“Peningkatan Keterampilan

Menulis Puisi Keindahan

Alam Menggunakan

Metode Partisipatori

dengan Media Gambar”.

Jurnal Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia

(online), Jilid 2, No. 1, hlm.

-8. Diakses pada tanggal

Januari 2015 melalui

http://journal.unnes.ac.id.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi

Penelitian Kualitatif.

Bandung: Rosda Karya.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan

Apresiasi Puisi. Jakarta:

Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.