HUBUNGAN ANTARA SKEMATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN

Rika Wijayanti

Abstract



Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) skemata siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan terkait teks eksposisi, (2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan, (3) hubungan antara skemata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan.
Penelitian ini merupakan penelitian  ex post facto  jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan dengan jumlah 224 siswa. Sampel penelitian sejumlah 112 siswa yang ditentukan dengan teknik  clusterrandom sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis bentuk esai. Instrumen yang digunakan berupa tes skemata dan tes kemampuan menulis teks eksposisi. Uji instrumen dilakukan dengan telaah ahli dan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi  product
moment dengan bantuan program IBM SPSS 21.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ada tiga.  Pertama, data variabel skemata menunjukkan bahwa 22 siswa (19,6%) memiliki skemata berkategori tinggi, 71 siswa (63,4%) memiliki skemata berkategori sedang, dan 19 siswa (17%) memiliki skemata berkategori rendah. Secara keseluruhan, rerata skor skemata siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan terkait teks eksposisi berada pada kategori sedang. Kedua, data variabel kemampuan menulis teks eksposisi menunjukkan bahwa 24 siswa (21,4%) memiliki kemampuan menulis teks eksposisi berkategori tinggi, 67 siswa (59,8%) memiliki kemampuan menulis teks
eksposisi berkategori sedang, dan 21 siswa (18,8%) memiliki kemampuan menulis teks eksposisi berkategori rendah. Secara keseluruhan, rerata skor kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan berada pada kategori sedang.  Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara skemata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,740 > 0,219) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. Berdasarkan interpretasi nilai
r, nilai tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini ditandai dengan selisih antara rhitung dengan rtabel  sebesar 0,521. Jadi, skemata memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.
 
Kata kunci: skemata, menulis, teks eksposisi, menulis teks eksposisi.
 
 

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., Arsjad, Maidar G., dan

Ridwan, Sakura H., dan. 1994.

Pembinaan Kemampuan Menulis

Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bahasa Indonesia Kelas X.

Jakarta: Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi. Jakarta:

Grasindo.

Kucer, Stephen L. 1985. “The Making of

Meaning: Reading and Writing as

Parallel Processes”. Written

Communication. Vol. 2 No. 3, July.

Sage Publication, Inc

Marwoto, dkk. 2012. Komposisi Praktis.

Yogyakarta: Penerbit Handinita.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Statistik

Terapan: untuk Penelitian Ilmu-ilmu

Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

__________________. 2013. Penilaian

Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Putra, Erik Purnama. 2008. “Gerakan

Menggiatkan Budaya Literal”.

Media Indonesia. 31 Mei, hlm. 6.

Rico, Lenny Johana Alvarado. 2014.

“Identifying Factors Causing

Difficulties toProductive Skills

Among Foreign Languages

Learners”. Opening WritingDoors.

Volume 1, Nomor 11, Januari-Juni.

Rofi’uddin, Ahmad & Zuchdi, Darmiyati.

(1999). Pendidikan Bahasa

DanSastra Indonesia Di Kelas

Tinggi. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi.

Slavin, Robert E. 2006. Educational

Psychology, Theory, and Practice.

USA: Pearson Education Inc.

Sumarto, Hadi. 2013. “Efektivitas

Pengetahuan Awal (Prior

Knowledge) dalam Pengajaran

Membaca (Reading) Bahasa

Inggris”. Pena Jurnal Ilmu

Pengetahuan dan Teknologi.

Volume 25, Nomor 2, September.

Sun, Fushan. 2014. “The Application of

Schema Theory in Teaching College

English Writing”. Theory and

Practice in Language Studies. Vol.

, No. 7, pp. 1476-1482, July.

Qingdao University of Science and

Technology, Qingdao, China.

Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian

untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.