PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XI SEKOLAH INKLUSI MAN MAGUWOHARJO

ARBAINA NURRU HIDAYATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi, metode, evaluasi,
permasalahan, dan kegiatan penunjang pembelajaran sastra di kelas XI sekolah inklusi MAN Maguwoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MAN Maguwoharjo. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran sastra kelas XI sekolah inklusi MAN Maguwoharjo. Data diperoleh melalui pengamatan partisipasif, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) dasar pemilihan materi yaitu silabus.
sumber dari buku paket, LKS,  browsing, MGMP, guru-guru senior, (2) metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya-jawab, penugasan, diskusi, dan asuh sebaya, (3) dasar pelaksanaan evaluasi adalah silabus. Evaluasi yang digunakan berupa evaluasi tertulis yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan setelah pembelajaran selesai. (4) permasalahan pembelajaran yang dihadapi adalah minat baca siswa kurang, koleksi buku sastra perpustakaan kurang, tidak ada lab bahasa, dan kelas  tidak kondusif. diatasi dengan guru memberi tugas membaca karya sastra, mengambil bahan bacaan dari berbagai
sumber, siswa memberitahukan masalah yang dihadapi kepada guru, (5) kegiatan penunjang pembelajaran sastra di MAN Maguwoharjo adalah ekstrakurikuler teater yang bermanfaat untuk membuat siswa lebih aktif dan antusias dan mudah memahami bahasa sastra.

Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran sastra, sekolah inklusi.


Full Text:

PDF

References


Liliani, Else. 2012. Mengurai

Permasalahan Pembelajaran

Sastra. Prosiding Seminar

Nasional: Pengembangan

Profesionalisme Guru Bahasa

dan Sastra Indonesia. FBS UNY

PBSI

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Sistem Pendidikan

Nasional No. 20 Tahun 2003

tentang Hak dan Kewajiban

Warga Negara. Jakarta:

Departemen Pendidikan

Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.