RESEPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TERHADAP CERPEN KARYA CERPENIS PEREMPUAN DAN CERPENIS LAKI-LAKI

Eria Wahyu Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis perempuan dari aspek psikologi dan sosiologi, (2) mendeskripsikan resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis laki-laki dari aspek psikologi dan sosiologi, dan (3) mendeskripsikan perbedaan resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis perempuan dan cerpenis laki-laki.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NEGERI 4 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan  purposive sample. Kelas XI IPA 4, XI IPS 1,  dan XI KKO ditetapkan sebagai kelas yang dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian berjumlah 96. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pernyataan tertutup dan pertanyaan terbuka. Validitas yang digunakan adalah validitas konstrukdengan cara judgement experts.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) resepsi siswa terhadap cerpen karya cerpenis perempuan termasuk kategori sedang dengan persentase 70,65%, resepsi siswa dilihat dari keterkaitan aspek psikologi cerpenis termasuk kategori sedang dengan persentase 80,43%, dan aspek sosiologi cerpenis termasuk kategori sedang dengan persentase 83,68%; (2) resepsi siswa terhadap cerpen karya cerpenis laki-laki termasuk
kategori sedang dengan persentase 71,74%, resepsi siswa dilihat dari aspek psikologi cerpenis termasuk kategori sedang dengan persentase 47,83%, dan aspek sosiologi cerpenis termasuk kategori sedang dengan persentase 61,95%; dan (3) resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis laki-laki lebih  tinggi secara keseluruhan dan dilihat dari aspek psikologi cerpenis.
 
Kata kunci: resepsi siswa, cerpen, cerpenis, aspek psikologi, aspek sosiologi, SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Full Text:

PDF

References


Rampan, Korrie Layun. 2009. Apresiasi Cerpen Indonesia Mutakhir. Jakarta: Bukupop.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Segers, Rien T. 2000. Evaluasi Teks Sastra (Terjemahan Suminto A. Sayuti).

Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.