KEEFEKTIFAN STRATEGI POWER (PLAN, ORGANIZE, EDIT, WRITE, REVISE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Septi Dwi Haryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan; (1) perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi yang

signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi POWER (Plan, Organize, Write, Edit, Revise) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi POWER, (2) keefektifan penggunaan strategi POWER dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah control group pre-test-post-test. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta. Teknik penentuan sampel dengan cluster random sampling. Berdasarkan teknik penyampelan tersebut, kelas XI Tata Busana 1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI Tata Busana 2 ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t skor pretes dan postes kelompok eksperimen, diperoleh nilai    sebesar 6,508 dan nilai P sebesar 0,000. Pretes dan postes kelompok kontrol diperoleh   1,022 dan nilai P sebesar 0,315. Kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 4,63, sedangkan kenaikan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 0,4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi POWER efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.

 

Kata kunci: strategi POWER, pembelajaran menulis, teks eksplanasi

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.