KEEFEKTIFAN STRATEGI MENULIS KOLABORATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGEMPLAK

Rizky Andarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada perbedaan kemampuan menulis kreatif puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi menulis kolaboratif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi menulis kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi siswa kelas VIII SMP N 1 Ngemplak.

Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan control group pretest-posttest. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi menulis kolaboratif dan variabel terikat yang berupa kemampuan menulis kreatif puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis kreatif puisi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli (expert judgment).  Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji-t dan gain skor.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis kreatif puisi siswa yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi menulis kolaboratif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi konvensional. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung 8,164 dengan df 62 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p < 0,05). Kedua, strategi menulis kolaboratif efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif siswa kelas VIII SMP N 1 Ngemplak sleman, dibuktikan dengan hasil uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh thitung 14 dengan df 31 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p < 0,05). Gain skor kelompok eksperimen sebesar 15,431 lebih besar dibandingkan gain skor kelas kontrol sebesar 0,8344.

 

Kata kunci : keefektifan, strategi menulis kolaboratif, kemampuan menulis kreatif puisi


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.