PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BRAINWRITING PADA SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN

Safitri Nur Khoiriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan strategi brainwriting pada siswa kelas X SMA KolomboSleman.

Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XA SMA KolomboSleman. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes tulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor hasil karyas iswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi brainwriting dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa XA SMA Kolombo Sleman. Peningkatan tampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses  dapat dilihat dari perilaku siswa yang aktif, serius, antusias, dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi brainwriting. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat diketahui dari proses sebelum diberi tindakan dengan skor rata-rata 58,32 sedangkan skor rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 70,8 pada siklus II, skor rata-rata yang dicapai siswa adalah 80,8. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi brainwriting dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan nilai menulis cerpen siswa kelas XA SMA KolomboSleman.

 

Kata kunci: PTK, menulis cerpen, strategi brainwriting


Full Text:

PDF

References


Abbas, Shaleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakart: Depdiknas.

Nurgiyatoro, Burhan. 2012. Teori pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode

Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.