PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALASAN

Nurul Fitri Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks persuasi menggunakan model discovery learning pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kalasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kalasan yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman teks persuasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (proses, demokratik, dan dialogik) serta reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks persuasi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kalasan. Peningkatan kualitas proses terlihat dari siswa mulai memiliki minat dan motivasi untuk membaca, siswa lebih aktif, perhatian, sunggh-sungguh, dan bersemangat dalam pembelajaran, serta suasana kelas lebih kondusif. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebelum diberi tindakan (pratindakan) hingga setelah diberi tindakan (pascatindakan). Hasil belajar siswa pada saat pratindakan hanya 5 siswa (16,13%) yang memenuhi KKM dan 26 siswa (83,87%) tidak memenuhi KKM. Setelah diberi tindakan menggunakan model discovery learning, terjadi peningkatan hasil tes pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I sebanyak 20 siswa (62,50%) memenuhi KKM dan terdapat 12 (37,50%) siswa yang tidak memenuhi KKM. Pada siklus II sebanyak 27 siswa (81,61%) memenuhi KKM dan terdapat 4 siswa (12,91%) tidak memenuhi KKM. Dengan demikian, model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks persuasi baik secara proses maupun hasil. 

 

Kata kunci: membaca pemahaman, model discovery learning

 


Full Text:

PDF

References


Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id. Diunduh pada 12 Februari 2018.

Dalman, H. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Palmer, Janice. 2016. World’s Most Literate Nations Ranked. https://webcapp.ccsu.edu. Diunduh pada 12 Februari 2018.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.