PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Gupita Arsa Pinasthika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A, B, C, D, dan E di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Objek penelitian difokuskan pada bentuk partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bentuk partisipasi siswa dikelompokkan ke dalam 6 aktivitas, yakni aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, dan mempelajari masalah. Pertama, aktivitas visual seperti memperhatikan pekerjaan teman sejawat, membaca/mempelajari/menelaah contoh pada buku teks atau media yang telah disediakan guru, dan membaca buku fiksi dan nonfiksi. Kedua, aktivitas lisan meliputi kegiatan tanya jawab secara sukarela atau ditunjuk, presentasi secara sukarela atau ditunjuk, menyampaikan saran/ kritik/pendapat, menginterupsi, dan berdiskusi. Aktivitas lisan merupakan aktivitas yang mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. Ketiga, kegiatan yang termasuk ke dalam aktivitas mendengarkan yakni mendengarkan uraian/percakapan /diskusi/pidato, mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan guru atau teman sejawat, menyimak tayangan/demo, menyimak presentasi yang dilakukan siswa lain, dan menyimak penjelasan pengantar kegiatan yang disampaikan guru. Keempat, aktivitas menulis mencakup kegiatan menulis surat dinas atau surat pribadi, menulis puisi/cergam/dialog, dan mencatat materi atau membuat rangkuman materi. Kelima, kegiatan yang termasuk aktivitas menggambar yakni membuat komik/sketsa/mind map, aktivitas ini kemunculannya yang paling sedikit. Keenam, aktivitas mempelajari masalah meliputi kegiatan mencari informasi penting dari berbagai media untuk memecahkan masalah yang ditemui dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: partisipasi siswa, pembelajaran Bahasa Indonesia



Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016a. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rocca, Kelly A. 2010. “Student Participation in the College Classroom: An Extended Multidisciplinary Literature Review”. Communication Education Vol 59, No 2, hlm. 185-213.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.