PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Nur Vitria Dwi Rahmasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran teks drama di SMP N se-Kabupaten Sleman mencakup penggunan media dalam Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP), jenis media, dan respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive sampling berdasar cluster dan strata atau level, lalu random sekolah dan kelas sehingga diperoleh delapan SMP, kelas, dan guru. Objek penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia teks drama. Data wawancara, pengamatan dan analisis dokumen termasuk data kualitatif, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket.

Penggunaan media pembelajaran teks di SMP N se-Kabupaten Sleman berdasarkan sekolah tinggi, sedang, dan rendah yaitu guru menyusun rencana penggunaan media pembelajaran yang termuat dalam RPP, tetapi hampir sebagian guru melaksanakan pembelajaran tidak sesuai dengan RPP yang disusun. Hampir seluruh sekolah menggunakan media pembelajaran berupa media visual konvensional dan audio visual. Namun, terdapat satu sekolah yang tidak menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang berupa fakta di lapangan. Selain itu, respons siswa terhadap penggunaan media ditinjau dari segi level sekolah, pada sekolah level tinggi 75,65 (kurang), sekolah berlevel sedang 76,84 (cukup) dan sekolah berlevel rendah 82,90 (baik). Jadi, respons siswa terhadap penggunaan media di SMP N se-Kabupaten Sleman memperoleh skor rata-rata akhir 78,46 (cukup).

 

Kata Kunci : media pembelajaran, teks drama, SMP N se-Kabupaten Sleman


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva

Djemari, Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Noor, Rohinah M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.