PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DRAMA MENGGUNAKAN STRATEGI REQAR (RECIPROCAL QUESTIONING AND QUESTION-ANSWER-RELATIONSHIP) PADA KELAS XI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Nuraini Azizah

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang ditemui pada saat pembelajaran membaca pemahaman teks drama di kelas XI MIPA III SMA Negeri 10 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks drama melalui penerapan strategi ReQAR pada siswa kelas XI MIPA III SMA Negeri 10 Yogyakarta.

Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA III SMA Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas hasil, proses, dialog, dan demokratis) dan reliabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ReQAR dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks drama siswa kelas XI MIPA III SMA Negeri 10 Yogyakarta. Peningkatan tampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangat dalam pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM, yaitu dari tahap pratindakan siswa memenuhi nilai KKM berjumlah tiga (10,71%) orang, siklus I sebanyak 15 (53,57%) orang, dan siklus II sebanyak 24 (85,71%) orang. Dengan demikian terdapat peningkatan sebanyak 21  orang dari pratindakan hingga siklus II, dan sebanyak 85,71% siswa kelas XI MIPA III SMA Negeri 10 Yogyakarta telah mencapai nilai KKM. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi ReQAR merupakan salah satu strategi yang mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks drama.

 

Kata Kunci: membaca pemahaman, kemampuan membaca pemahaman teks drama, Reciprocal Questioning and Question-Answer-Relationship (ReQAR)


Full Text:

PDF

References


Pardjono. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Ruddell, M. R. 2005. Teaching Content Reading and Writing. USA: John Miley

Wiesendanger, Katherine D. 2011. Strategies for Literacy Education. New Jersey: Merril


Refbacks

  • There are currently no refbacks.