PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS VII SMP NEGERI 1 KEPIL WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015

Ivah Rahma Romadhona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran teks cerpen di kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Kepil berdasarkan komponen pembelajaran.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks cerpen di kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Kepil. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Kepil. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran teks cerpen kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Kepil. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri.Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah peningkatan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa sudah mampu menguasai beberapa kompetensi yang dirumuskan, namun siswa belum menguasai kompetensi menulis cerpen dikarenakan guru tidak memberikan materi tersebut sebagaimana mestinya. (2) Guru telah melaksanakan tugasnya, namun belum optimal. (3) Tujuan pembelajaran sulit diketahui ketercapaiannya karena guru amat jarang menyampaikannya di kelas. (4) Materi yang disampaikan oleh guru saat pembelajaran di kelas hanya beberapa yang sudah sesuai dengan indikator pembelajaran. (5) Metode yang digunakan dalam pembelajaran teks cerpen belum sepenuhnya menggunakan pendekatan saintifik. (6) Media yang digunakan dalam pembelajaran beragam jenisnya. (7) Pada evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran, teknis penilaian hasil dan pelaksanaan penilaian belum terlaksana secara utuh.

 

Kata Kunci: Komponen Pembelajaran, Teks Cerpen, SMP Negeri 1 Kepil

 


Full Text:

PDF

References


Atmowiloto, Arswendo. 2002. Mengarang Itu Gampang. Jakarta: Gramedia.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Ghony, M.H. dan Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline 1.4

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013: Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Lubis, Mochtar. 1960. Tehnik Mengarang. Jakarta : P.T. Nunang Jaya.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Sukmadinata, Nana Syaodih dan R. Ibrahim. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Sulaiman Sahlan dan Ruslan Efendy. 1988. Asas-Asas Praktik Mengajar. Jakarta: Bhratara.

Suryaman, Maman. 2010. Strategi Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: PBSI FBS UNY.

Suryobroto, B. 1986. Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Amarta.

Thahar, Harris Effendi. 2009. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.