ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII TERHADAP KI & KD KURIKULUM 2013

Gigih Dwi Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP terhadap KI dan KD Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten deskriptif yang dilakukan dengan cara menganalisis data-data yang berupa kata, frasa, kalimat, maupun paragraf yang ada di dalam buku teks. Analisis kesesuaian materi pada buku teks ini dilakukan dengan empat indikator, yakni kelengkapan materi, keluasan materi, kedalaman materi dan jenis teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII yang diterbitkan Kemendikbud dapat dikatakan sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 82,6%. Buku teks Mahir Berbahasa Indonesia (Marbi) untuk SMP/MTs Kelas VIII yang diterbitkan Erlangga dapat dikatakan sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 80,7%. Buku teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTs Kelas VIII yang diterbitkan Yrama Widya dapat dikatakan cukup sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 71,5%.

 

Kata kunci: materi, buku teks, kompetensi inti, kompetensi dasar


Full Text:

PDF

References


Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Undang-undang Nomor 3 Tahun 2007 tentang Sistem Perbukuan.

Widyastono, Herry. 2015. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.