PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SIRKUS POHON, AYAH, CINTA DALAM GELAS, DAN PADANG BULAN DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA SMA

Ani Indriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon, Ayah, Padang Bulan, dan Cinta  Dalam Gelas; (2) mendeskripsikan unsur fiksi yang digunakan sebagai saranan penyampai pendidikan karakter dalam  novel; dan (3) mendeskripsikan kelayakan novel sebagai bahan ajar sastra SMA. Penelitian ini berjenis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah  novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen  penelitiannya adalah Human Instrument. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik dan referensial dengan dikonsultasikan  kepada expert judement. Reliabilitas dalam penelitian ini dengan reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) novel Sirkus Pohon, Ayah Padang Bulan dan Cinta di dalam Gelas terdapat 14 nilai pendidikan karakter; (2) unsur fiksi yang digunakan dalam novel sebagai penyampai nilai pendidikan karakter dominan adalah tokoh, selain itu terdapat tema dan amanat; (3) sebagai buku nonteks pelajaran, keempat novel tersebut memiliki kelayakan sebagai bahan ajar sastra dilihat dari aspek isi/materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan.

 

Kata kunci: pendidikan karakter, unsur fiksi, bahan ajar


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, Antonius Totok Priyadi, dan Agus Wartiningsih. (2016). Nilai Pendidikan Karakter yang Tercermin dalam Novel Mimpi Anak Pulau Karya Abidah El Khalieqy. Jurnal Proram studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hlm. 1-12.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum. (2010). Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Febriana, Noni dan Robby Dharma. (2017). Muatan Nilai Religius dalam Novel-novel Karya A. Fuadi. Majalah Ilmiah 24(1), 267-279.

Hidayat, Wahyum, Muhammad Fuad, dan Munaris. (2013). Kelayakan Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy sebagai Bahan Ajar SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran) hlm 1-12.

Irma, Cinty Nurika. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Retorika, 11(1), 14-22.

Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Meisusri, Silvi, Yasnur Asri, dan M. Ismail. (2012). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Malaikat-malaikat Penolong Karya Abdulkarim Khiaratullah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 222-229.

Nurliana. (2013). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1-7.

Rahman, Adenarsy Avereus, Herman J. Waluyo, dan Suyitno. (2016). Analisis Psikologis Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak serta Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 10-21.

Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang digunakan oleh satuan Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Sariasih. (2017). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Novel Sutasoma Karya Cok Sawitri dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 32-37.

Wardani, Ana, Imam Mawardi, dan Nasitotul Jannah. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Serdadu Pantai Karya Laode Insan dan Relevansinya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Sekolah Dasar. Tarbiyaruna, 6(1), 31-46).

Yuniarti, Netti. (2013). Analisis Aspek Kejiwaan Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Surat Dahlan Karya Khristina Pabichara (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(2), 219-235.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.