PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI CERPEN MELALUI STRATEGI ZIGZAG BERBANTUAN MEDIA KORAN PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 MUNTILAN

Dyah Intan P.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen menggunakan strategi zigzag berbantuan media koran pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Muntilan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Muntilan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian dibagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dalam dua pertemuan dengan menggunakan strategi zigzag berbantuan media koran yang telah ditentukan. Siklus II juga dilakukan dalam dua pertemuan dengan menggunakan strategi zigzag berbantuan media koran bertema bebas. Data diperoleh dengan menggunakan pengamatan, angket, wawancara, dan tes tulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif, statistik deskriptif, dan analisis hasil menulis cerpen siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terdapat peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siswa terlihat aktif dalam bertanya dan menanggapi pelajaran, antusias terhadap kegiatan belajar mengajar, dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas. Hal ini dapat diketahui melalui pengamatan dan angket yang dilakukan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Peningkatan produk dapat diketahui dari hasil produk sebelum diberi tindakan dengan nilai rata-rata 60,81. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,03. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,30. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi zigzag berbantuan media koran dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Muntilan, dan memenuhi kriteria nilai batas tuntas.

 

Kata kunci: PTK, Menulis Cerpen, Strategi Zigzag, Media Koran


Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarman. (2010). Karya Tulis Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghazali, Syukur. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa: dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. (1980). Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Kartikasari, Windi. 2014. Keefektifan Strategi Zig-Zag dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris pada Kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: FBS-UNY.

Ningsih, Wening Wahyu. 2012. Keefektifan Feature Personality Profile Koran Kompas Sebagai Media Pembelajaran Ketrampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FBS-UNY.

Tyastuti, Rita Dwi. 2015. Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerpen dengan Metode Sugesti Imajinasi Berbantuan Media Lagu Remaja pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Ngaglik. Skripsi. Yogyakarta: FBS-UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.