KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP JARING LABA-LABA MENULIS RESENSI NOVEL KELAS XI SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

F. Ellen Adventina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada  perbedaan keterampilan menulis resensi novel yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi peta konsep jaring laba-laba dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi peta konsep jaring-laba, serta menguji keefektifan strategi peta konsep laba-laba dalam pembelajaran keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI SMA Negeri 1 Depok Sleman.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan strategi peta konsep jaring laba-laba, dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis resensi novel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Depok Sleman. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling  yaitu dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas XI IPA1 sebagai kelompok control  dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yang berupa tes menulis resensi novel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest dengan uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis resensi novel yang signifikan antara siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan strategi peta konsep jaring-laba dengan siswa yang diberikan pembelajaran tanpa menggunakan strategi peta konsep jaring-laba. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t data skor posstest antara kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol besarnya t 3,317 dengan db 62 dan p sebesar 0,002. Nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan t sebesar -11,607 dengan db 31, dan p sebesar 0,000. p lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi peta konsep jaring laba-laba efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis resensi novel.

 

Kata kunci: keefektifan, strategi peta konsep jaring laba-laba, menulis resensi novel


Full Text:

PDF

References


Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, Fitri. 2010. “Keefektifan Pemanfaatan Resensi Majalah Matabaca dalam Pembelajaran Menulis Iklan pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Wonosari dan SMP Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNY.

Raisska, Pratita Tiara. 2009. Keefektifan Penggunaan Strategi Peta Konsep Jaring Laba-laba dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Seyegan Sleman. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNY.

Septiana, Ismi. 2011. “Keefektifan Penggunaan Media Peta Konsep Pohon Jaringan pada Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo”. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNY.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.