PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI KELAS X DI SMA NEGERI 1 WONOSARI

Nisa Widyawati Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran teks negosiasi kelas X di SMA Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui  tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsasahan data dilaksanakan dengan dua teknik, yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran teks negosiasi terlaksana dengan baik. Tujuan pembelajaran yang terencana dalam  rencana pelaksanaan pembelajaran dapat dicapai pada pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi. Media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran teks negosiasi ialah slide power point, teks negosiasi, dan video pembelajaran negosiasi. Materi pembelajaran diajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Akan tetapi tahap-tahap pembelajran saintifik belum sepenuhnya terlaksana. Sumber materi pembelajaran diperoleh melalui buku paket dan internet. Evaluasi dilakukan pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, teks negosiasi


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud

Mahsun, MS. (2014). Teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada

Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong. Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.