PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Popy Puji Triviani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik pembelajaran Writing In The Here And Now pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi, wawancara, tes menulis puisi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data primer yang digunakan adalah proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas X IPA 2, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah nilai puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran dan perilaku siswa selama pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan teknik pembelajaran Writing In The Here And Now dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Peningkatan tampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, aktif, bersemangat, dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Suasana yang kondusif dan terbangunnya bentuk kejasama yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran juga terlihat sebagai bentuk peningkatan proses. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitu dari tahap pratindakan sebesar 53,53, siklus I sebesar 72,61, dan siklus II sebesar 82,15. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Writing In The Here And Now merupakan salah satu teknik pembelajaran yang mampu meningkatan kemampuan keterampilan menulis puisi siswa.

 

Kata kunci : keterampilan menullis puisi, writing in the here and now


Full Text:

PDF

References


Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung:Alfabeta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sayuti, Suminto A. 2002.Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta. Gama Media.

Silberman, Melvin. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Diterjemahkan oleh: Sarjuki, dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.