PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MENGGUNAKAN MODEL STRATTA PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Akmala Riana Rohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil kemampuan apresiasi puisi menggunakan model Stratta pada siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta. Model Stratta merupakan model pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap pembelajaran, yaitu penjelajahan, interpretasi, dan rekreasi.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Stratta dapat meningkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta. Peningkatan kemampuan apresiasi puisi ini dilihat berdasarkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan kualitas proses pembelajaran apresiasi puisi dilihat dari siswa yang menjadi antusias, fokus, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan proses ini berdampak positif bagi peningkatan hasil kemampuan apresiasi puisi siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil tes pratindakan, nilai rata-rata kemampuan apresiasi puisi sebesar 37,71. Setelah dikenai tindakan, nilai rata-rata siswa dari pratindakan ke siklus I yaitu 37,71 menjadi 58,17. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat dari 58,17 menjadi 73,85. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sampai siklus II sebesar 15.68. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena rerata nilai kemampuan apresiasi puisi siswa meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Stratta dapat meningkatkan kemampuan apresiasi puisi baik secara proses maupun hasil.

 

Kata kunci: peningkatan, kemampuan apresiasi puisi, model Stratta.

 


Full Text:

PDF

References


Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta. Buana Pustaka.

Prastowo, Andi. 2014. Memahami Metode-metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.