PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS XI USAHA PERJALANAN WISATA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Sinta Pandhan Sari

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan model pembelajaran Example Non-Example berbantuan media gambar pada siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jumlah siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki, dan 29 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh keberhasilan proses dan hasil pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan model pembelajaran Example Non-Example berbantuan media gambar.  Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks cerita pendek menggunakan model pembelajaran Example Non-Example berbantuan media gambar pada siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Yogyakarta. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang terlihat dari  minat siswa terhadap pembelajaran menulis teks cerita pendek, keaktifan siswa, kelancaran proses pembelajaran, dan ketepatan waktu siswa dalam mengumpulkan tugas. Peningkatan hasil keterampilan menulis teks cerita pendek dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pratindakan sampai dengan siklus II. Rata-rata nilai siswa pada pratindakan sebesar 57,77 dan 30 siswa dinyatakan belum tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi 79,13 dengan siswa tuntas sebanyak 23. Selanjutnya, dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 86,74 dengan 31 siswa dinyatakan tuntas.

 

Kata kunci: menulis, teks cerita pendek, model pembelajaran


Example Non-Example

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lusi, Samuel S., dan Ricky Arnold Nggili. 2013. Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.