ANALISIS STRUKTUR KALIMAT PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WATES KABUPATEN KULON PROGO

Terang Wiji Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis kalimat berdasarkan jumlah klausa; (2) mendeskripsikan bentuk struktur kalimat pada teks laporan hasil observasi (LHO) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel teks LHO siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wates tahun ajaran 2016. Teks tersebut diambil dari tugas akhir semester siswa, yang berjumlah 37 teks. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat berupa dokumen tertulis. Data yang dicatat merupakan hasil temuan dari proses membaca berupa sampel bertujuan (purposive sample) yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenis kalimat. Keabsahan data dilakukan dengan cara mengamati dan membaca secara berulang-ulang, ketekunan peneliti dalam penganalisisan data, serta berdiskusi dengan dosen pembimbing dan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, jenis kalimat berdasarkan jumlah klausa pada teks LHO siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wates adalah kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kedua, struktur kalimat tunggal pada teks LHO siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wates adalah: S-P; P-S-K; S-P-O; S-P-Pel-(K); S-P-K; S-P-O-Pel; dan S-P-O-K. Struktur kalimat majemuk setara pada teks LHO siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wates adalah: S + P + Konj + (S) + P + (Pel) + (K) + (Konj) + (P); S + P + O + (K) + Konj + (S) + P + (O) + (Pel) + (K); S + P + Pel + (K) + Konj + (S) + P + (O) + (Pel) + (K) + (konj) + (P) + (O) + (Pel); dan S + P + K + Konj + (S) + P + (O) + (Pel) + (K). Struktur kalimat majemuk bertingkat pada teks LHO siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wates adalah: S + (yang + klausa relatif) + P + (O) + (Pel) + (K); S + P + (yang + klausa relatif); S + P + O + (yang + klausa relatif) + (Pel) + (K); S + P + (O) + Pel + (yang + klausa relatif) + (K); S + P + (O) + (Pel) + K + (yang + klausa relatif); Konj + klausa sekunder + klausa pokok; klausa pokok + Konj + klausa sekunder; S + P + (yang + klausa relatif) + konj + P + S + (yang + klausa relatif); dan S + (yang + klausa realtif) + P + (yang + klausa relatif) + Pel + K.     

 

Kata kunci: analisis, struktur kalimat, Teks LHO, laporan hasil observasi, siswa kelas VII SMP.

 

 


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Aminudin. 2003. Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Keraf, Gorys. 1984. Tatabahasa Indonesia untuk Sekolah Lanjutan Atas. Ende-Flores: Nusa Indah.

Markhamah, 2013. Ragam dan Analisis Kalimat Bahasa Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Rohmadi, Muhammad, dkk. 2009. Morfologi Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik: Bagian Pertama ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugono, Dendy. 1991. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Priastu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.