PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA FLOW CHART

Mufti Farih Akhwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan media gambar seri pada siswa Kelas VII G SMPN 1 Minggir, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian terbagi dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Gambar Seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII G SMPN 1 Minggir. Peningkatan keterampilan menulis cerpen tampak dari kualitas proses dan produk. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih menarik, menyenangkan, dan dapat dilihat dari kondisi siswa yang lebih aktif  berperan serta dalam pembelajaran. Sebelum dikenai tindakan, nilai rata-rata kelas adalah 63,9, setelah dikenai tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,84 dan setelah dikenai tindakan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 75,31.

Kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis, cerita pendek, gambar seri


Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Sukamto, dkk. 1995.Pedoman Penelitian. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Rosda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.