PERBANDINGAN KOMPETENSI DASAR KTSP DAN K-13 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP DITINJAU DARI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Untung Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) macam pendekatan keterampilan proses yang muncul dalam Kompetensi Dasar bahasa Indonesia Kelas VII pada KTSP dan K-13 serta  (2) membandingkan kemunculan pendekatan keterampilan proses dalam Kompetensi Dasar bahasa Indonesia Kelas VII pada KTSP dan K-13. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis isi. Subjek penelitian ini adalah Kompetensi Dasar bahasa Indonesia Kelas VII pada KTSP dan K-13. Penelitian ini difokuskan pada perbandingan Kompetensi Dasar bahasa Indonesia Kelas VII pada KTSP dengan K-13 ditinjau dari macam pendekatan keterampilan proses yang muncul. Data diperoleh dari teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan teknik analisis kartu data. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas intrarater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan keterampilan proses yang muncul di dalam Kompetensi Dasar KTSP meliputi tujuh pendekatan keterampilan proses. Dalam Kompetensi Dasar K-13 pendekatan keterampilan proses yang muncul meliputi sembilan pendekatan keterampilan proses. Pada Kompetensi Dasar KTSP terdapat enam pendekatan keterampilan proses yang tidak muncul, sedangkan pada Kompetensi Dasar K-13 terdapat empat pendekatan keterampilan proses yang tidak muncul. (2) perbandingan aspek pendekatan keterampilan proses, K-13 lebih banyak mengandung pendekatan keterampilan proses. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan penyusunan kurikulum antara KTSP dan K-13.

 

Kata kunci: KTSP, K-13, pendekatan keterampilan proses


Full Text:

PDF

References


B. Uno, Hamzah. 2014. Belajar dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemendikbud Tahun 2016 tentang Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Khaeruddin, dkk. 2007. KTSP: Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Semarang: MDC Jateng dan PILAR Media.

Muhammad. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakata: Ar-Ruzz Media.

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Kurikulum 2013.

Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Kurikulum KTSP.

Prastowo, Andi. 2014. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Semiawan, Cony. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Peserta didik dalam Belajar?. Jakarta: PT.Gramedia.

Suryaman, Maman. 2012. Metodelogi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Zuchdi, Darmiyati. 1993. Panduan Penelitian Analisis Konten. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.