PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DRAMA PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

Avine Fistia Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran drama pada siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) kelas VIII di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Deskripsi pelaksanaan pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran drama pada siswa kelas khusus olahraga kelas VIII.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu siswa kelas VIII Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP Negeri 13 Yogyakarta dan guru bahasa Indonesia SMP Negeri 13 Yogyakarta. Objek penelitian ini fokus pada pelaksanaan pembelajaran drama pada kelas VIII kelas khusus olahraga. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik untuk menguji kredibilitas dalam penelitian ini ialah triangulasi dan ketekunan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, Pertama, tujuan pembelajaran yang disampaikan tersebut sudah sesuai dengan RPP dan silabus. Kedua, materi yang digunakan guru selama proses pembelajaran sudah sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran. Ketiga, metode yang digunakan oleh guru pada siswa kelas VIII di kelas khusus olahraga diantaranya yaitu, metode demonstrasi, simulasi, ceramah, diskusi, dan penugasan. Hampir seluruh metode digunakan oleh guru secara bergantian di setiap pembelajarannya. Keempat, media pembelajaran yang digunakan guru pada siswa kelas VIII di kelas khusus olahraga, yaitu papan tulis, buku paket pegangan siswa, dan teks drama. Media tersebutlah yang mudah ditemui di dalam lingkungan sekolah dan dinilai berhasil. Kelima, evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru dalam pembelajaran drama di kelas VIII KKO SMP Negeri 13 Yogyakarta sesuai dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2006, yang menyatakan bahwa penilaian dalam pembelajaran mencakup tiga aspek yaitu, sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

 

Kata kunci: pembelajaran drama, kelas KKO, SMP Negeri 13 Yogyakarta

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Anggoro, Anung Setyo. 2015. Pelaksanaan Menyusun Teks Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Harymawan. 1988. Dramaturgi. Bandung: CV Rosda.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lestari, Marzuanti Indah. 2011. Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI PPPDCI (Program Pelayanan Peserta Didik Cerdas Istimewa) di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Novikasari, Rizki. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Drama Menggunakan Metode Pelatihan Akting Sekolah Seni Yogyakarta pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Magelang. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

Pangestu, Rio Anggoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

Saefuddin, H. Asis dan Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, H. Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Suroso. 2015. Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Elmatera.

Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyo, Herman J. 2001. Drama ”Teori Pembelajarannya”. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya Yogyakarta.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyanto, Asul. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.