PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SUGESTIF MELALUI STRATEGI REVIEWING A FILM PADA SISWA KELAS X TEKNIK MESIN 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Agung Apriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X Teknik Mesin 1 SMK Muhammadiyah 1 Salam melalui strategi reviewing a film. Penggunaan strategi reviewing a film diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis narasi sugestif agar kemampuan siswa meningkat. Melalui strategi reviewing a film, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk.

          Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas X Teknik Mesin 1 yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terbagi dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui (1) catatan lapangan dan (2) dokumentasi berupa tugas siswa dan dokumentasi foto selama pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan produk dalam penelitian ini dapat dlihat dari adanya peningkatan nilai di setiap siklusnya. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari dua kriteria, yaitu keberhasilan proses dan produk.

            Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, penggunaan strategi reviewing a film mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis narasi sugestif pada siswa. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan proses di aspek situasi belajar, siswa lebih fokus dalam pembelajaran dan pembelajaran menulis narasi sugestif menjadi lebih menyenangkan. Kedua, penggunaan strategi reviewing a film dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis narasi sugestif. Hal ini terlihat pada peningkatan skor rata-rata pratindakan yaitu 68,92, setelah diberi tindakan siklus I skor rata-rata menjadi 71,67 dan pada akhir siklus II skor rata-rata menjadi 75,28. Peningkatan skor rata-rata siswa mulai pratidakan hingga siklus II adalah sebesar 6,36. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua aspek dan kriteria menulis narasi sugestif mengalami peningkatan yang signifikan.

Kata kunci: menulis, narasi sugestif, dan reviewing a film.


Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wiesendanger, Katherine D. 2001. Strategies for Literacy Education. Ohio: Merril Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.