KEEFEKTIFAN STRATEGI CLOZE STORY MAPPNG DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII

Esti Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi cloze story mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menguji keefektifan strategi cloze story mapping dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variable bebas berupa strategi cloze story mapping dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis cerpen. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas VII E dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII F dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SPSS 22.0.

Hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol menghasilkan th 4,212 dengan db 72 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi cloze story mapping dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan metode ceramah. Hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan th -6,025 dengan db 36 diperoleh nilai p 0,000. Pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh th 0,073 dengan db 36 dan diperoleh p 0,942. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi cloze story mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta.

 

Kata Kunci: keefektifan, strategi cloze story mapping, menulis cerpen.

 


Full Text:

PDF

References


Apriyati, Nurina. 2015. Keefektifan Strategi Cloze Story Mapping (CSM) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. Skripsi S1. Yogyakarta: JPBSI, FBS, UNY. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Ghazali, A.Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT. Refika Aditama. Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE. Nurgiyantoro, Burhan., Gunawan., Marzuki. 2009. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Wiesendanger, Katherine. 2010. Strategies of Literacy Education. Ohio: Merril Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.