PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMELIHARA ENGINE DAN KOMPONENNYA

Ferinanto Ari Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TKR yang diajar dengan metode Inkuiri Terbimbing dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas XI TKR yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah pada standar kompetensi memperbaiki/servis sistem engine dan komponennya (2) Mengetahui lebih baik manakah rata-rata hasil belajar siswa kelas XI TKR yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah dibandingkan dengan siswa kelas XI TKR yang diajar menggunakan metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis Quasi experimental dan desain yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Teknik sampling menggunakan cluster-random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, ujihomogenitas, dan uji perbedaan, serta uji hipotesis dengan Uji-T Sampel Berkorelasi (Pairedt-Test) dan Uji-T Sampel Independen (Independent t-Test). Hasil analisis data penelitian dapat menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengankelas kontrol sesudah menggunakan metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar ttabelyaitu sebesar 8,546 > 2,000 dengan perolehan rerata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 8,3> 6,2. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran demonstrasi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci :Hasil belajar, Metode Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.