PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM REM SEPEDA MOTOR

Didin Hudi Prayogi

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran perbaikan sistem rem sepeda motor siswa kelas XII TSM 1 SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII TSM 1 SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten dengan jumlah 24 siswa. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan tes. Berdasarkan nilai pretest dan postest, kenaikan nilai siswa yang mendapatkan nilai ≥75,00 mengalami peningkatan 29,2% dari 58,3% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw telah memperlihatkan intensitas kenaikan hasil belajar siswa. Kata kunci : PTK, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, hasil belajar, teknik sepeda motor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.