PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Agus Widyianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8 dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional (model/peraga). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Non Equivalent Kontrol Group Design. Sebagai kelas kontrol adalah kelas XI OA (16 siswa) menggunakan media pembelajaran konvensional (model/peraga), sedangkan kelas eksperimen adalah kelas XI OC (16 siswa) menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol pada mata pelajaran sistem pengisian di SMK 1 Magelang. Berdasarkan uji t dengan satu ekor, diperoleh t hitung sebesar 3,021 dan t tabel sebesar 2,042. Dengan ketentuan jika nilai t hitung < t tabel maka Ho diterima, Ha ditolak dan jika nilai t hitung > t tabel maka Ho ditolak, Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8 dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional (model/peraga).

 

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, macromedia flash 8, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.