PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Adi Rukmana Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat Transmisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest only control group design. Populasinya adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (3 kelas), dua kelas diantaranya dijadikan sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil penelitian mengungkap bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan (1) nilai t hitung (4,070) > t tabel (2,001). Kemudian didukung perolehan rata-rata motivasi belajar 53,34% siswa kelas eksperimen pada kategori tinggi. Sedangkan 66,67% siswa kelas kontrol motivasi belajarnya pada kategori cukup. (2)Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar, yang ditunjukan dengan nilai t hitung (8,323) > t tabel (2,001). Diperkuat dengan nilai hasil belajar 40% siswa kelas eksperimen melebihi 75, sedangkan seluruh siswa  kelas kontrol di bawah 75.

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Demonstrasi, Transmisi, Motivasi Dan Hasil


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.