PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KKM DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Tri Haryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas XI Teknik Kendaraan Ringan  pada mata pelajaran perawatan Chassis dan Sistem Pemindah Tenaga di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini memberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 2 di SMK N 2 Yogyakarta, berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya ketercapaian KKM siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 2 di SMK N 2 Yogyakarta pada mata pelajaran perawatan Chassis dan Sistem Pemindah Tenaga. Pada siklus I ketercapaian KKM mencapai 76,67% dengan nilai rata-rata 86. Tetapi hasil tersebut belum optimal karena belum sesuai dengan target yang ditentukan yaitu ketercapaian KKM yang mencapai 80 %. Pada siklus II ketercapaian KKM mencapai 86,67% dengan nilai rata-rata 88 meningkat 10% dari siklus I, target yang ditentukan tercapai.

 

Kata kunci: : PTK, Numbered Head Together, Teknik Kendaraan Ringan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.