PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MAPEL PSPTKR

Yulfika Arifin, Tawardjono Us

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKR 1 pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga (PSPT) di SMK Ma'arif 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR 1 di SMK Ma'arif 1 Wates yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Sedangkan variabel yang diamati dan diukur adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan persentase data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI TKR 1 pada mata pelajaran PSPT. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus, siklus I adalah sebesar 54,13%, siklus II adalah 62,40%, dan siklus III adalah 68,26%. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 1 pada mata pelajaran PSPT. Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 50%, siklus II adalah 73,33%, dan siklus III adalah 83,33%.
Kata kunci : Snowball Throwing, keaktifan siswa, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.