PENGEMBANGAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN MICROTEACHING SEBAGAI MEDIA ALAT BANTU BELAJAR MANDIRI

Muhammad Dzaky Firdaus, Bambang Sulistyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan, dan seberapa besar efektifitas penggunaan media sosial Whatsapp untuk pembelajaran microteaching di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Data penelitian dijaring menggunakan instrument angket validasi, angket respon mahasiswa calon guru dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Prosedur secara umum penggunaan Whatsapp sebagai alat bantu pembelajaran microteaching yang meliputi: pendaftaran mahasiswa calon guru di media sosial Whatsapp, Merencanakan materi yang akan diajarkan, latihan mengajar di kelas atau bengkel, pemberian komentar di obrolan grup Whatsapp, dan penilaian hasil latihan mengajar, (2) Media sosial Whatsapp yang dikembangkan sebagai alat bantu pembelajaran microteaching dinyatakan layak atau baik digunakan. Hal tersebut berdasarkan hasil validator ahli media dengan jumlah total skor 120 dengan kategori baik/layak dan respon mahasiswa calon guru memiliki jumlah persentase sebesar 80% terhadap media sosial pesan instan Whatsapp, (3) Penggunaan media sosial pesan instan Whatsapp telah meningkatkan nilai latihan mengajar mahasiswa calon guru. Hal tersebut berdasarkan nilai rata-rata latihan mengajar pertama sebesar 81,25 dengan latihan kedua sebesar 85,42. Kata kunci: Microteaching, Whatsapp, Efektifitas, Sumber Belajar Mandiri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.