EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA SMK MUHAMMADIYAH PAKEM PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Henri Aditya Halim, Tawardjono Us

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi praktik kerja industri siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan metode CIPP yang meliputi aspek context, input, process dan product. Responden pada penelitian ini terdiri dari 106 siswa kelas XII, 10 guru pembimbing, dan 2 pengurus praktik kerja industri. Hasil penelitian ini mencakup : (1) Perencanaan, pada aspek konteks menurut guru pembimbing dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 13 dari skor maksimal 16, dan menurut siswa dalam kategori baik dengan skor rata-rata 14,35 dari skor maksimal 20. Pada aspek masukan menurut guru pembimbing dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 28,6 dari skor maksimal 36, dan menurut siswa dalam kategori baik dengan skor rata-rata 20,8 dari skor maksimal 28. (2) Pelaksanaan, pada aspek proses menurut guru pembimbing dalam kategori baik dengan skor rata-rata 26,9 dari skor maksimal 36, dan menurut siswa juga dalam kategori baik dengan skor rata-rata 34,2 dari skor maksimal 48. Pada aspek hasil menurut guru pembimbing dalam kategori baik dengan skor rata-rata 17,9 dari skor maksimal 24, dan menurut siswa juga dalam kategori baik dengan skor rata-rata 18,2 dari skor maksimal 24. (3) Evaluasi, terdapat beberapa catatan yang kurang baik, diantaranya terkait komunikasi yang tidak berjalan dengan baik antara siswa dengan guru pembimbing dan terdapat siswa yang melaksanakan praktik di tempat yang kurang sesuai dengan kompetensi keahliannya.
Kata kunci: evaluasi, praktik kerja industri, teknik kendaraan ringan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.