PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEORI

Agung Supriyanto, Martubi Martubi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran learning start with a question pada teori mata pelajaran kelistrikan bodi kendaraan siswa kelas XI TKRC di SMKN 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan pembelajaran aktif model learning start with a question. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yang setiap siklus ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TKRC SMKN 1 Sedayu dengan jumlah 30 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model belajar learning start with a question dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKRC pada teori mata pelajaran kelistrikan bodi di SMKN 1 Sedayu. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keaktifan belajar siswa yang presentase pada siklus I sebesar 49.2% meningkat pada siklus II menjadi 61.6% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 70.7%. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes tindakan siklus I siswa yang tuntas mencapai 45%, siklus II meningkat menjadi 83%, dan meningkat mencapai 100% pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: learning start with a question, keaktifan siswa, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.