PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TOD

Anasbi Sujarwa, Sukoco Sukoco

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenerapan metode pembelajaran diskusi tipe syndicategroup dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa kelas X paket keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang dilakukan di kelas XTKR1 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan subyek sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasitindakan, angket motivasi belajar, dan tes prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran diskusi tipe syndicategroup dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa kelas X paket keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase motivasi belajar siklus I sebesar 5,17%dari sebelum siklus 77,99% menjadi 83,16% dan siklus II meningkat 6,28% menjadi 89,44%. Sedangkan prestasi belajar meningkat 8,08 dari sebelumnya 75,42 menjadi 83,50 pada siklus II. Kata kunci: diskusi tipe syndicategroup, motivasi belajar, prestasi belajar, PTK.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.